Sabtu, 17 April 2010

Jaringan


-->
Perangkat Jaringan

Untuk membangun jaringan, ada dua jenis perangkat yang dibutuhkan, yaitu perangkat lunak (sistem operasi jaringan) dan perangkat keras. Perangkat keras standar untuk membangun jaringan sederhana adalah server, stasiun (station), Network Interface Card (NIC), hub, kabel dan konektor. Sedangkan untuk jaringan yang skalanya lebih luas, biasanya dibutuhkan perangkat tambahan untuk menghubungkan segmen-segmen jaringannya yaitu bridge, switch, dan router.
1) Server
Server merupakan komputer yang berfungsi sebagai penyedia layanan untuk seluruh pemakai (user). Berikut adalah beberapa aspek yang harus diperhatikan dalam memilih komputer server:
1. Tempat penyimpanan yang besar.
2. Random Access Memory (RAM) yang besar.
2) Stasiun (Station)
Dalam suatu jaringan terdapat beberapa komputer yang berfungsi sebagai stasiun atau terminal akses (workstation). Komputer-komputer ini digunakan oleh pemakai (user) untuk mengirim dan menerima data dari jaringan.
3) Kartu Jaringan (Network Interface Card)
Agar sebuah komputer dapat terhubung ke suatu jaringan, komputer tersebut harus dilengkapi dengan sebuah perangkat berupa kartu jaringan atau Nertwork Interface Card (NIC).
4) Kabel dan Konektor
Kabel dan konektor merupakan komponen penting dalam jaringan. Kabel berfungsi sebagai media transmisi yang menghubungkan komputer dengan komputer atau periferal lainnya. Ada tiga jenis kabel yaitu twisted pair, koaksial, dan serat optik.
5) Hub
Hub merupakan perangkat penghubung dalam jaringan yang berfungsi mengatur jalannya komunikasi dan transfer data dalam jaringan tersebut[4]. Ada dua jenis hub, yaitu hub aktif dan hub pasif. Hub aktif merupakan hub yang mempunyai kemampuan untuk menguatkan sinyal yang diterima, sehingga jarak atau jangkauan kabel dari hub ini bisa lebih panjang. Sedangkan hub pasif tidak mempunyai fasilitas penguatan data sehingga data yang dibagi menjadi lebihlemah dan akibatnya jarak atau jangkauan kabel dari hub menjadi lebih pendek.
6) Bridge
Bridge adalah perangkat yang berfungsi untuk menghubungkan beberapa jaringan yang terpisah sehingga perangkat-perangkat yang terdapat pada LAN-LAN yang berbeda dapat terkoneksi dan berkomunikasi seolah-olah perangkat-perangkat tersebut berada di dalam satu LAN.
7) Switch
Switch merupakan perluasan dari konsep bridge, sehingga pada dasarnya prinsip kerja bridge dan switch sama.
8) Router
Router bekerja dengan cara yang mirip dengan bridge dan switch. Perbedaannya, router dapat menyaring lalu lintas data. Penyaringan dilakukan bukan dengan melihat alamat paket data, tapi dengan menggunakan protokol tertentu.

Tidak ada komentar: