Minggu, 10 April 2011

Artikel Bahasa Indonesia

                                             CINTA INDONESIA MELALUI
                                                 KARTUN DAN GAME

      Dengan berkembangnya Teknologi Informasi dan Komunikasi yang pesat saat ini, tidak bisa dipungkiri akan imbasnya pada perkembangan teknologi-teknologi yang berhubungan. Teknologi aplikasi berupa Game adalah salah satu dari sekian banyak disiplin ilmu yang berkembang pesat seiring dengan berkembangnya Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Hal ini juga didorong oleh semakin meningkatnya performa komputer dan penggunanya dalam menggunakan game sebagai media hiburan dan bahkan dalam dunia pendidikan.
       Game yang telah berkembang saat ini telah mampu menampilkan berbagai macam cerita dengan berbagai efek sehingga menarik untuk dimainkan. Efek-efek tersebut merupakan gabungan dari berbagai macam disiplin ilmu mulai dari komputer grafik, desain hingga kecerdasan buatan.
        Dalam unsur kebudayaan pun tidak terlepas juga dari perkembangan komputer, orang-orang banyak memanfaatkan berbagai kegunaan yang dimiliki computer, seperti internet, aplikasi pengolah document, aplikasi database, dan lain-lain. Kemudahan yang computer berikan kepada kita dalam mendapatkan informasi untuk belajar,dan lain-lain akan senantiasa menjadikan computer sebagai alat yang paling lengkap untuk segala keperluan manusia..
        Didalam diri anak-anak penyampaian pesan akan lebih mudah melalui Kartun yang merupakan salah satu Gambar Lucu sebagai sarana untuk menggambarkan dan mengungkapkan keinginan manusia dalam menyampaikan pesan, di Negara-negara maju, Kartun dapat dijadikan sebagai sarana untuk mengkritik, menghibur, serta memberikan suatu pengarahan kepada anak-anak. Karena itu seniman-seniman di Negara kita yaitu Indonesia mulai membuat kartun-kartun serta game yang berguna sebagai sarana untuk menyebarluaskan kebudayaan bangsa serta mendidik anak-anak Indonesia untuk mengenal budaya yang mereka miliki.

Lihatlah contoh kartun yang digunakan untuk mempromosikan Indonesia ini :
















Serta game dongeng virtual berjudul TIMUN MAS yang dibuat oleh erristhya ini :














         Menurut erristhya(pembuat game dongeng virtual dengan judul: TIMUN MAS) ia mengatakan “saya sangat mencintai Indonesia selama ini game-game yang saya mainkan jarang sekali yang mengangkat tema tentang kebudayaan ataupun cerita-cerita rakyat Indonesia, karena itu saya membuat game ini dengan tujuan untuk mengembangkan kebudayaan Indonesia melalui media game, sehingga anak-anak pun akan mengenal dan terhibur dengan budaya yang dimiliki bangsanya.”
        Jadi kita sebagai bangsa Indonesia haruslah bangga kepada bangsanya serta mengembangkan budaya serta mendidik anak – anak melalui sarana – sarana yang dibutuhkan anak-anak seperti kartun, game, dan lain-lain yang mudah untuk penyampaian pesan pada zaman modern seperti saat ini.

Tidak ada komentar: